Beranda Kesehatan 2 WNI Positif Corona, Kominfo Usut Tuntas Penyebar Hoaks Covid-19

2 WNI Positif Corona, Kominfo Usut Tuntas Penyebar Hoaks Covid-19

JAKARTA, Karna.id — Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan akan menindak tegas pelaku penyebaran hoaks virus corona (Covid-19). Hal tersebut dinyatakan Johnny setelah Presiden mengumumkan dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif tertular virus corona.

Johnny mengingatkan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menangkap pelaku hoaks virus corona. Sebab, hoaks virus corona ini akan mengakibatkan histeria virus corona.


“Hari saya menyampaikan pemerintah akan ambil tindakan tegas. Kemenkominfo bukan penegak hukum, tapi kami akan komunikasi ke penegak hukum untuk lakukan tindakan tegas secara hukum,” ujar Johnny saat dihubungi CNNIndonesia.com, (2/3)

Di sisi lain,  Johnny mengatakan Kemenkominfo juga secara aktif berkomunikasi dengan platform media sosial dan penyedia layanan internet agar menurunkan dan memblokir konten-konten hoaks.

Johny juga mengatakan agar pelaku hoaks diberi sanksi pidana. “Hoaks ini selalu saja ada, ini kan dari orang tak bertanggung jawab. Apakah secara tidak sadar, tidak tahu, kurang paham, atau terlalu cepat bereaksi atau bisa saja dengan sengaja menyebarkan hoaks. Tapi kalau produksi hoaks itu  pasti sengaja, sanksi pidana ada”.

Johnny menuturkan peraturan yang mengatur berita hoaks berada dalam pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.