Beranda Daerah Aktivitas Gunung Botak Aparat Meradang

Aktivitas Gunung Botak Aparat Meradang

BURU, Karna. Id–Aktifitas tambang gunung botak sejatinya telah ditertibkan dan ditutup oleh pemerintah daerah sejak 17 oktober 2018 dengan melibatkan TNI POLRI untuk mengamankan penambang di lokasi tambang.
Sejak saat itu aktifitas tambangpun dihentikan oleh warga pulau buru maupun pendatang dari luar pulau buru. Satuan tugas TNI POLRI ditempatkan di lokasi tambang untuk pengamanan daerah sekitar tambang.
Walaupun aparat yang dilokasi tetap berjaga aktifitas tambang masih dilakukan yang berbuntut diamankan 19 orang penambang ilegal di lokasi tambang.
Penangkapan penambang diprotes masyarakat setempat dengan menghadang mobil polisi tepatnya di desa dava pulau buru. Massa meneriakan aparat agar melepaskan penambang, aparat menjadi sasaran amukan warga hingga 19 orang penambang berhasil turun dari mobil polisi, beruntung tidak terjadi korban namun polisi telah menangkap dua orang yang diduga mempropokasi massa.
Dilain sisi Lain pemilik hak ulayat gunung botak telah mengajukan permohonan kepada pemerintah agar tanah mereka di lokasi gunung botak mau dijual kepada investor, namun permohonan ini ditolak oleh pemerintah, diketahui lokasi gunung botak kurang lebih 250 hektar.