Beranda Artikel Biografi Eros Djarot

Biografi Eros Djarot

Soegen Djarot, Erros Djarot, Eros Djarot, Biografi Eros Djarot, Biodata Eros Djarot, Pendiri PDIP, Budayawan Eros Djarot, Politisi Eros Djarot

KARNA.id — Sugeng Waluyo Djarot atau yang dikenal Eros Djarot lahir di Rangkasbitung, Banten 22 Juli 1950 adalah seorang sineas, penulis lagu, budayawan, dan juga politikus Indonesia.

Di dunia musik Eros dikenal karena lagu-lagunya yang melegenda seperti Badai Pasti Berlalu, Merpati Putih, Cintaku, Merepih Alam, Angin Malam, dan Pelangi yang terangkum dalam album Badai Pasti Berlalu, album jalur suara untuk film Badai Pasti Berlalu (1977) karya sutradara legendaris Teguh Karya, yang kemudian menjadi salah satu album masterpiece dalam blantika musik Indonesia.

Teguh Karya kemudian menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam perjalanan karier Eros Djarot selanjutnya; yaitu di dunia film. Hingga mengantarkan Eros menjadi langganan Penata Musik Terbaik untuk beberapa film garapannya, bahkan Eros kemudian menjadi Sutradara Terbaik untuk film garapannya sendiri, Tjoet Nja’ Dhien, pada Festival Film Indonesia 1988.

Eros Djarot adalah adik kandung dari aktor dan sutradara Slamet Rahardjo. Ia juga dalam karier politiknya dikenal Pendiri Litbang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Pendiri dan Ketua Umum Partai Nasionalis Bung Karno, Pendiri dan Ketua Umum Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan.