Beranda Pemilu Daftar 10 Wilayah Paling Rawan Pemilu

Daftar 10 Wilayah Paling Rawan Pemilu

Karna.id – Badan Pengawas Pemilu telah merilis data Indeks kerawanan Pemilu di berbagai wilayah di Indonesia. Daerah mana saja yang rentan dengan gangguan pemilihan umum? Simak daftar nya berikut ini.

Bawaslu melakukan penilaian indeks kerawanan pemilu (IKP) per tahun 2022 dan mencatat ada 10 wilayah yang rentan dengan masalah kecurangan dan gangguan pada proses Pemilu.

Kerawanan Pemilu merupakan semua hal yang menggangu atau menghambat proses Pemilu yang demokratis.

Berikut Tim karna.id merangkum dalam 10 Wilayah paling rawan Pemilu.

Berdasarkan Indeks kerawanan Pemilu yang dirilis oleh Bawaslu, Kota Semarang menjadi Wilayah paling rawan terhadap kecurangan dengan total skala Indeks 73,26%.

Tidak hanya semarang beberapa wilayah di Jawa Tengah tercatat sebagai Daerah paling rawan terhadap kecurangan Pemilu.

Urutan kedua Wilayah yang rawan terhadap Pemilu adalah Kabupaten Sukoharjo, dengan Indeks 70,2%. Selanjutnya Kabupaten Purworejo Jawa Tengah menempati posisi ketiga dengan skala Indeks 67,11%.

Posisi ke 4 adalah Kabupaten Temanggung, Jateng dengan skala Indeks 59,05%. Kemudian disusul oleh Kabupaten Wonosobo sebesar 58,35%.

Peringkat ke 6 diduduki oleh Kabupaten Magelang dengan skor 54,25% dan disusul oleh Kabupaten Kendal: 53,25%.

Peringkat ke 8 adalah Kabupaten Brebes sebesar 49,08%, kemudian Kota Salatiga sebesar 46,88%. Terakhir adalah Kabupaten Rembang dengan skor Indeks 45,21%.

Dari 10 wilayah diatas kesemuanya masuk pada Provinsia Jawa Tengah. Demikian daftar 10 Daerah paling rawan Pemilu sepanjang tahun 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here