Beranda Ekonomi DIKSI : Forum Intelektual Terkait Ekonomi Syariah yang Diadakan Lembaga Ekonomi Mahasiswa...

DIKSI : Forum Intelektual Terkait Ekonomi Syariah yang Diadakan Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI Cabang Malang Dalam Rangka Pembangunan Bangsa

DIKSI (Diskusi Ekonomi Syariah) yang diadakan LEMI HMI Cabang Malang

MALANG, karna.id — Dalam menyikapi Bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI) HMI Cabang Malang mengadakan forum intelektual terkait ekonomi syariah bernamakan DIKSI (Diskusi Ekonomi Syariah) secara daring yang dibagi dalam tiga sesi dan dimulai pada hari Sabtu, (01/05). Tujuan diadakan DIKSI adalah karena mengingat potensi ekonomi syariah yang memumpuni dalam menjawab tantangan zaman, sehingga LEMI HMI Cabang Malang kembali merefleksikan terkait ekonomi syariah kepada generasi muda intelektual dapat mengenal ekonomi syariah dan menyumbangkan pemikiran mereka dalam menyikapi elektabilitas ekonomi syariah di kanca global maupun nasional.

Pada sesi pertama hari Sabtu, (01/05). DIKSI hadir dengan bertemakan “Meneguhkan Kembali Eksistensi Ekonomi Syariah” . Hadir sebagai pembicara pada sesi pertama dalam forum tersebut Rista Puji Kasprianti sebagai Business Development Manager PT. Bank Muamalat Cabang Malang. Adapun yang beliau sampaikan pada forum tersebut, “Prospek dan masa depan ekonomi syariah ialah diharapkannya ekonomi syariah sebagai alternatif dalam menjawab perekomomian global dan nasional”, begitu ujar Rista.

Pada sesi kedua hari Rabu, (05/05). DIKSI hadir dengan tema yang berbeda dan tentunya lebih menggugah para generasi muda untuk lebih giat dalam menggiati terkait ekonomi syariah, adapun tema tersebut “Peran ekonomi syariah dalam era hyperkompetensi”. Pembicara pada sesi kedua ini adalah seorang Kaprodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang yakni Dr. Rahmat Hakim, M. MA.

Dalam kesempatan forum tersebut, Rahmat Hakim memberikan argumentasinya, “Diperlukan upaya re skiling dan up skiling hal ini dilakukan agar untuk menjaga agar ekonomi syariah secara kelembagaan, maupun ekonomi syariah -secara individu, agar mampu bertahan atau bahkan menjadi pemenang di era kompetisi saat ini”.

Rahmat Hakim juga mengatakan “Selain itu Faktor Sumber Daya Manusia Merupakan hal yang penting dan sangat mendasar dalam rangka menyongsong era baru Revolusi Industri 4.0 dan juga ketatnya kompetisi di masa mendatang dan juga Perpaduan antara Peran lembaga dan Individu Ekonomi Syariah dapat menjadikan ekonomi syariah di Indonesia berkembang semakin pesat dan mampu bersaing di level nasional maupun global”.

Pada sesi ketiga hari Senin, (10/05). Forum DIKSI hadir dengan tema “Transformasi Nilai Keadilan Sosial dan Keadialan Ekonomi diabad 21”. Adapun pembicara yang hadir, seharusnya adalah seorang NDPers Nasional yang bernamakan MHR Shikka Songge, namun karena ada beberapa hal yang tidak bisa beliau tinggalkan, maka beliau berhalangan hadir dalam forum DIKSI tersebut, hingga pada akhirnya acara diskusi pada sesi ketiga tersebut batal diadakan.

“Dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat menambah khasanah intelektual dan militansi dari segenap generasi muda intelektual agar dapat mengembangkan perekonomian yang islami lebih baik lagi. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pembicara yang telah bersedia mentransformasikan ilmunya kepada kami semua dan peserta forum DIKSI. Semoga dengan adanya agenda ini dapat memicu revitalisasi ekonomi syariah yang berkemajuan dalam rangka pembangunan bangsa”. Kata Yudi selaku Direktur Keuangan & Perlengkapan Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI Cabang Malang