Beranda Agama Fabitul Rahmat Pegiat HAM Mengecam Keras Kerusuhan Agama di India

Fabitul Rahmat Pegiat HAM Mengecam Keras Kerusuhan Agama di India

Fabitul Rahmat Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM)
Fabitul Rahmat Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM)

MALANG, karna.id – Kerusuhan agama yang terjadi di India menewaskan puluhan orang dan ratusan orang lainyya terluka dalam bentrokan antar umat hindu dan muslim di timur Ibu Kota New Delhi terjadi sejak Selasa (25/2). Hal ini mendapat banyak respon masyarakat yang menyayangkan kerusuhan ini terjadi.

Salah satu pegiat Hak Asasi Manusia Fabitul Rahmat mengecam keras tindakan politisi dan umat hindu di India atas tindakan kejahatan kemanusiaan terhadap umat muslim di India, selain itu ia juga menegaskan pemerintah India gagal memberikan perlindungan terhadap minoritas Islam di India.

“Walaupun saat ini kepolisian India bertindak, saya sebagai pegiat HAM tetap mengecam keras atas kerusuhan agama yang terjadi di India karena tidak berprikemanusiaan dan saya meminta kepada pemerintah India bertanggungjawab atas kerusuhan yang terjadi saat ini”. Ujar Fabi kepada karna.id pada Minggu (01/03).

Selain itu, Fabi juga menegaskan konflik antar agama ini antara Islam dan Hindu yang bermula dari aksi damai umat muslim terhadap undang-undang perubahan kewarganegaraan atau citizen amandement act (CAA). hal ini menjadi pemicu umat hindu garis keras untuk menyerang dan membantai masa aksi damai umat muslim dan membakar masjid, dan menaiki kubah masjid Ashok Nagar di New Delhi.