Beranda Daerah FDAP Salurkan 250 Paket Sembako Selama Ramadhan

FDAP Salurkan 250 Paket Sembako Selama Ramadhan

MALANG, karna.id — Umat Islam sedunia baru saja merayakan Hari Kemenangan, Hari Raya Idul Fitri 2020. Setelah sebelumnya, kaum Muslim menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Selama Ramadhan, banyak aktivitas sosial yang dilakukan oleh berbagai lembaga/organisasi untuk berbagai keberkahan kepada pihak-pihak yang sangat membutuhkan. Mulai dari pembagian sembako, pembagian paket takjil dan buka puasa, dan masih banyak lagi.

Aktivitas sosial serupa juga dilakukan oleh Forum Dosen Akuntansi Publik (FDAP). Ketua pelaksana kegiatan bakti sosial FDAP Ana Sopanah mengatakan, bulan Ramadhan kerap disebut sebagai bulan penuh berkah. Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan FDAP Indonesia untuk berbagi keberkahan dengan menyalurkan 250 paket sembako di 9 propinsi.
 
Ana Sopanah yang juga dekan Fakultas Ekonomi Universitas Widyagama (FE UWG) Malang mengatakan baksos yang bertajuk ‘FDAP Berbagi’ ini digelar tiap tahun di bulan Ramadhan. Tahun ini, kata Ana, pihaknya telah menyalurkan 250 paket sembako ke masyarakat yang terkena dampak Corona di beberapa propinsi, meliputi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bengkulu, Riau, Maluku, Palembang, dan Mataram.
 
“Paket sembako ini diperoleh dari donasi saat kegiatan webinar nasional yang digelar oleh FDAP. Ini wujud tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19,” kata Ana di Malang, Selasa (26/05). 
 
Sementara itu, Ketua FDAP Harnovinsah mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata FDAP hadir di tengah-tengah masyarakat mengingat dampak Covid-19 sangat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat, khususnya pekerja harian.
 
“Sasaran yang kami target adalah tukang becak, pemulung, pengemis, dan masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan,” ujarnya.
 
Beragam apresiasi datang dari beberapa pengurus korwil FDAP. Seperti, pengurus FDAP Korwil Jateng, Dewi Indarsih mengaku senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini.
 
“Kegiatan sosial yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Tegal,” ujarnya.
 
Pengurus FDAP Korwil Bengkulu, Nila Apriliana juga merasa senang bisa ikut mendistribusikan sembako kepada masyarakat di wilayah Bengkulu. Sementara itu, pengurus Korwil Maluku, Trisna Sari berkesempatan membagikan sembako kepada mahasiswa yang tidak mudik karena Corona.
 
Demikian pula apresiasi dari bendahara FDAP, Rida Perwita Sari. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian kita bersama dan  menjangkau area yang lebih luas di kesempatan selanjutnya.
 
Ana mengakui, kegiatan baksos ini belum dapat menjangkau keseluruhan warga yang terdampak Covid-19. Ke depan, pihaknya akan mempertimbangkan memperluas jaringan daerah.
 
“Kami berharap program ini dapat menjadi inspirasi dan semangat semua orang untuk tetap peduli dan saling bahu membahu di tengah kondisi saat ini,” pungkasnya. ***