Beranda Daerah Gubernur Jawa Timur Targetkan Rekonstruksi Rumah Warga Terdampak Gempa Selesai 2 Bulan

Gubernur Jawa Timur Targetkan Rekonstruksi Rumah Warga Terdampak Gempa Selesai 2 Bulan

Gubernur Jawa Timur Targetkan Rekonstruksi Rumah Warga Terdampak Gempa Selesai 2 Bulan
Gubernur Jawa Timur Targetkan Rekonstruksi Rumah Warga Terdampak Gempa Selesai 2 Bulan

MALANG, karna.id — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan soal rekonstruksi rumah warga yang menjadi dampak gempa bumi di Malang pada Sabtu (10/4), Gubernur menyampaikan rekonstruksi rumah warga diperkirakan akan selesai dalam waktu 2 bulan untuk rumah dengan kondisi rusak ringan harapannya bisa segera cepat terselesaikan.

Baca Juga:BMKG Sebut Gempa di Malang Bukan Gempa Megathrust

“Kita berharap bersama bahwa proses rekonstruksi ini bisa selesai paling lama 2 bulan, sesuai arahan Bapak Presiden, dan kami meminta sinergi dari berbagai pihak untuk segera melakukan percepatan penangan termasuk soal recovery dan rekonstruksi pasca gempa” Kata Khofifah di Lumajang, Senin (12/4/2021).

Sinergitas ini mencakup Pemprov, aparat TNI, Polri, Satgas Bencana BUMN, serta pemerintah daerah terdampak hingga di level desa dan kelurahan. Tentunya, dengan dukungan dari pemerintah pusat. Terkait pelibatan anggota TNI dan Polri dalam proses recovery dan rekonstruksi, Khofifah menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim untuk memastikan SDM yang membantu percepatan pembangunan rumah yang terdampak. Sesuai arahan Kepala BNPB, jika kategori rusaknya ringan sampai sedang, maka dilakukan dengan skema swakelola.

“Saya mohon semua membangun sinergitas untuk melakukan percepatan penangan tanggap darurat, proses recovery dan rekonstruksi. Saat ini adalah masa tanggap darurat. Setelah tanggap darurat akan dilanjutkan recovery selanjutnya rekonstruksi,” jelasnya.

Sedangkan untuk kategori rumah yang rusak berat, bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 50 juta, di luar biaya pembangunan. Sedangkan untuk pembenahan fasilitas umum dan fasilitas sosial akan ditangani oleh PUPR. Khofifah juga menambahkan untuk percepatan proses recovery dan rekonstruksi saat ini diperlukan langkah validasi yang cepat dan tepat untuk mengetahui berapa banyak rumah terdampak gempa yang masuk dalam kategori ringan, sedang dan berat begitu pula fasilitas umum dan fasilitas sosial.