Beranda Keamanan HMI Cabang Malang: Pemuda adalah Komponen Pertahanan Masa Depan

HMI Cabang Malang: Pemuda adalah Komponen Pertahanan Masa Depan

HMI Cabang Malang: Pemuda adalah Komponen Pertahanan Masa Depan Kodim 0833 Kota Malang
Audiensi HMI Cabang Malang Bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona S.E., M.Tr. (Han)

MALANG, karna.id – Belakangan rencana pembentukan komponen cadangan (Komcad) dengan penerbitan PP Nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang komponen cadangan masih menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Menanggapi hal itu, Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang menggelar audiensi bersama Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona S.E., M.Tr. (Han).

“Pertama tujuan pertemuan ini adalah agenda silahturahmi HMI Cabang Malang bersama Dandim 0833 Kota Malang bapak Letkol Ferdian Primadhona, selain itu juga ingin mendengarkan sekaligus mendiskusikan beberapa persoalan bangsa dan negara khususnya tentang pertahanan nasional”, Ujar Ketua Bidang Politik, Pertahanan dan Kemanan (Polhankam) HMI Cabang Malang Nanang A. Daud usai pertemuan di Malang, Kamis (4/3).

Nanang mengatakan HMI pasca kemerdekaan adalah mengisi pembangunan bangsa dan HMI mengambil peran mencetak generasi muda menjadi insan yang paripurna (insan kamil). Hal ini telah menjadi visi dan misi HMI sejak awal berdirinya, pembangunan karakater bangsa adalah menjaga para pemudanya agar senantiasa cinta tanah air dan mengisi pembangunan bangsa.  Oleh sebab pemuda adalah penerus maka menjaga integritas dan kualitasnya adalah untuk menjadi komponen utama bukan saja cadangan bagi ketahanan nasional. Pemuda itu komponen pertahanan masa depan kita.

Turut hadir perwakilan HMI, Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) La Rian Hidayat, Wakil Sekretaris Umum Bidang Sosial Kesejahteraan Rakyat Zumrotun Nazia.

Sementara itu, Ketua Bidang PPD menjelaskan HMI Cabang Malang sebagai bagian dari bangsa dan negara Indonesia menyambut baik wacana tersebut. Menurutnya HMI adalah organisasi kader yang mencetak pemimpin bangsa di masa depan tentu pengetahuan akan pertahanan nasional menjadi keniscayaan untuk diketahui dan bersama TNI tentunya menjaga kedaualatan bangsa dan negara.

Dalam pemaparannya Dandim 0833 Kota Malang menyampaikan rasa terima kasih kepada HMI Cabang Malang yang senantiasa mengawal proses perjalanan bangsa dan negara. Letkol Ferdian Primadhona mengatakan terkait Komcad pihaknya belum menerima informasi lebih lanjut sehingga belum dapat memberikan penjelasan yang mendalam kepada HMI.

“Terkait itu, kami belum bisa memberikan informasi yang komprehensif kepada HMI Cabang Malang sebab belum ada tindak lanjut yang lebih teknis yang kami terima. Tetapi kami terima kasih kepada HMI Malang atas usul dan sarannya untuk itu. Insyallah jika sudah waktunya akan kami sosialisasikan kepada publik tentunya”, kata Letkol Arm Ferdian Primadhona.

Terakhir, Letkol Ferdian menuturkan hingga saat ini TNI-Polri dan Pemerintah sedang fokus dalam menanggulangi Covid-19 juga bencana-bencana alam lainnya yang melanda bangsa Indonesia selain itu juga agenda vaksinasi.

“Kita sekarang masih fokus di Covid-19 dan vaksinasi serta bencana-bencana alam yang melanda”, jelasnya.