Beranda Agama Inisiasi Gerakan #30Hari30Musholla, KKN 50 UMM Ajak Warga Peduli Rumah Ibadah

Inisiasi Gerakan #30Hari30Musholla, KKN 50 UMM Ajak Warga Peduli Rumah Ibadah

MALANG, karna.id – Kelompok KKN 50 UMM menggelar bakti sosial bersihkan musholla di desa Jenggolo Kepanjen, Kabupaten Malang. Hal itu berawal karena melihat banyak musholla desa tidak terurus oleh warga disekitar. Menggunkan tagline #30Hari30Mushola KKN mereka mengajak seluruh elemen masyarakat desa peduli terhadap rumah Ibadah.

“Setidaknya 30 Musholla yang tersebar dalam 3 RW di desa Jenggolo yang menjadi sasaran gerakan ini”, ujar Koordinator Desa KKN 50 UMM, Bayu Teguh Yulianto kepada karna.id. Senin (12/8).

Bayu Teguh menjelaskan kegiatan membersihkan Musholla dilakukan setiap hari di sela-sela pelaksanaan program kerja. Hal itu mengingat KKN UMM 50 memiliki program kerja yang telah disusun dan terencana sebelumnya.

Kordes menambahkan dalam pelaksanaanya kegiatan dilakukan oleh mahasiswa KKN yang tidak terlibat dalam program kerja maupun kegiatan lain pada saat yang bersamaan, dengan begitu antara program kerja pokok dengan kegiatan membersihkan Musholla dapat berjalan beriringan.

“Berawal dari timbulnya rasa kepedulian terhadap salah satu Musholla yang kondisinyanya kurang bersih, mahasiswa KKN berinisiatif untuk memulai gerakan ini”, ungkap Bayu Teguh.

Menurut Teguh dari penuturan warga sekitar Mushollah dulunya sering dibersihkan namun seiring kesibukan kerja para warga Musholla jarang dibersihkan dan kalaupun dibersihkan hanya sebatas disapu begitu saja.

“Banyak sekali ditemui kotoran-kotoran yang mengendap pada sudut ruangan serta perlengkapan-perlengkapan seperti kitab-kitab yang telah rusak dan luput dari perhatian. Kita berharap dari adanya gerakan ini mampu memberikan pengaruh untuk warga sekitar memperhatikan tempat ibadah”, pungkas Kordes KKN 50.