Beranda Pendidikan Kelompok 10 Magang Tarbiyah UMM Temukan Kendala Pembelajaran Daring di SMK 2...

Kelompok 10 Magang Tarbiyah UMM Temukan Kendala Pembelajaran Daring di SMK 2 Muhammadiyah Malang Melalui Program Internship

Kelompok 10 Magang Tarbiyah UMM bersama Fungsionaris SMK 2 Muhammadiyah
Kelompok 10 Magang Tarbiyah UMM bersama Fungsionaris SMK 2 Muhammadiyah

Malang, Karna.id — Kelompok 10 Mahasiswa Magang Tarbiyah UMM menemukan kendala Pembelajaran Daring di SMK 2 Muhammadiyah Malang melalui program internship yang diadakan oleh Laboratarium Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Malang (1/9).

Adapun beberapa macam kendala yang ditemukan berupa keterbatasan kuota, pasif dalam pembelajran, kesulitan dalam penilaian.

Ketua kelompok magang 10 Tarbiyah UMM, Nondini mengatakan “Dalam magang ini kami inigin menganalisis mengenai kendala-kendala apa saja yang dapat terjadi selama proses pembelajran secara daring”.

Tepat pada hari Rabu (1/9) Kelompok 10 magang Tarbiyah UMM mengadakan observasi bersama Lukman Kurniawan S.Pd. yang merupakan salah satu fungsionaris SMK 2 Muhammadiyah Malang.

Lukman mengatakan “Selama pembelajaran daring, banyak sekali kendala yang didapatkan, baik dari faktor eksternal dan internal”.

Salah satu dari beberapa kendala yang didapatkan selama proses pembelajaran daring, lukman menjelaskan bahwa keterbatasan kuota adalah kendala yang selalu dihadapin oleh setiap siswa.

“karena keterbatasan kuota siswa sangat jarang menggunakan zoom atau google meet sebagai media tatap muka. Sehingga media face meet yang digunakan hanya google Classroom. Akibatnya, hal tresebut menjadi kendala tersendiri bagi guru PAI disamping harus mengajar materi Qur’an, sulit juga memastikan berapa bayak siswa yang bisa membaca al-Qur’an atau pun tidak.” Jelas Lukman

Lukman berharap bahwa, salah satu kekurangan tersebut adalah merupakan tanggung jawab bagi seorang pendidik agar terus menaga soft skill dalam rangka mencerdaskan anak bangsa di era pandemi.

“Saya merasa guru harus meningkatkan soft skill sebagai bentuk kepekaan dan tanggungjawab sebagai pendidik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa”. begitu kata Lukman.

Observarsi yang dilakukan kelompok 10 Tarbiyah UMM diadakan selama kurang lebih 5 hari lamanya dan berakhir pada hari Sabtu, 4 September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here