Beranda Sosial Kunjungi BPK, Peserta Pusdiklatsus BPL Dialog Pengelolaan Keuangan Negara

Kunjungi BPK, Peserta Pusdiklatsus BPL Dialog Pengelolaan Keuangan Negara

Diskusi antara HMI dengan BPK, Foto by: Humas BPK RI

JAKARTA, Karna.id — Sebanyak 19 peserta Pudiklatsus Arah Ekonomi dan Politik yang tergabung dalam Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (BPL HMI) mengunjungi Kantor Pusat Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dengan tujuan berdiskusi dan berdialog mengenai BPK dan Pengelolaan Keuangan Negara.

Kunjungan ini disambut langsung oleh Ketua BPK, Agung Firman Sampurna  dengan didampingi Tenaga Ahli Bidang media dan Komunikasi, Helmy Manaf  untuk menjelaskan tentang kedudukan, tugas, dan wewenang BPK sebagai auditor Eksternal di ruang rapat konsultasi lantai 19 Gedung Tower BPK. (27/1)

Kepada para mahasiswa Ketua BPK menyampaikan bahwa saat ini BPK sedang gencar memperkenalkan slogan “Accountability for All” atau “Akuntabilitas untuk Semua” kepada publik.

“Akuntabilitas yang dimaksud adalah definisi atas sebuah perilaku yang bisa menjadi nilai dan budaya yaitu melakukan segala sesuatu dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Agus di hadapan para peserta Pudiklatsus Arah Ekonomi dan Politik.

Lebih lanjut, Agung mengungkapkan bahwa akuntabilitas dibentuk dengan tiga unsur. Unsur pertama yaitu adanya standar, unsur kedua yaitu adanya kewajiban untuk membuat laporan, dan unsur ketiga yaitu adanya keharusan untuk dilakukan pemeriksaan.