Beranda Pendidikan Laboratorium Tarbiyah PAI UMM Laksanakan Magang Selama PPKM

Laboratorium Tarbiyah PAI UMM Laksanakan Magang Selama PPKM

MALANG, karna.id — Universitas Muhammadiyah Malang melalui Laboratorium Tarbiyah melaksanakan Magang selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung di Kota Malang. Sedangkan untuk pembukaan Magang dilaksanakan pada Senin (2/8).

Hadir dalam pembukaan magang ini Dosen Pembimbing Lapangan Fahrudin Mukhlis, S.Fil.I, M. IRKH, Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 3 Batu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, dan Guru Pembimbing Lapangan (GPL) yakni Daniar Chandra dan Risalah.

Sementara itu, untuk peserta Magang kali ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Kelompok 16. Meskipun ditengah kondisi pandemi, aktivitas akademik tetap harus terlaksana dengan metode daring,untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

Tujuan dari kegiatan magang atau Praktik Pengalaman lapangan ini antara lain memberikan gambaran kepada mahasiwa dalam proses pembelajaran dan praktek langsung menjadi seorang guru di sekolah. Sehingga, ketika nanti menjadi tenaga pendidik, sudah memiliki pengalaman dan wawasan mengenai keadaan sekolah dan proses pembelajarannya.

Sementara itu, praktik pengalaman lapangan ini sebagai syarat utama kelulusan pada jurusan Pendidikan Agama Islam yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Setelah PPL selesai dilaksanakan seluruh peserta akan membuat susunan Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP).

“Pihak sekolah telah menyampaikan jika pihak sekolah akan membantu mahasiwa semaksimal mungkin untuk proses pelaksanan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) disekolah masing-masing. Meski kegiatan ini dilaksanakan secara daring total, tetapi saya berharap agar bisa memaksimalkan proses pembelajaran”. Kata Dosen Pembimbing Lapangan, Fahrudin Mukhlis, S.Fil.I, M. IRKH kepada karna.id pada Minggu (8/8).

Sementara itu Wakil Kepala Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang menyampaikan pihak sekolah menerima dengan terbuka dan bersedia memberikan fasilitas dan bantuan kepada peserta PPL, khususnya kelompok 16 untuk melaksanakan PPL di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang.

“Kami sampaikan terimakasih atas keterbukaan pihak sekolah yang telah menerima kelompok kami untuk melaksanakan PPL di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang, kami juga memohon bantuan kepada Bapak DPL, Ibu Waka Kurikulum, Ibu GPL dan semua pihak sekolah untuk memberi dukungan dan bimbingannya dalam pelaksanaan PPL Kelompok kami di SMA Muhammadiyah 1 Kota Malang”. Kata Ketua Kelompok PPL 16 Faza Al-Hafidzh.