Beranda Budaya Mahasiswa Umm Ajak Lestarikan Jajanan Khas Bima Kalempe Kala

Mahasiswa Umm Ajak Lestarikan Jajanan Khas Bima Kalempe Kala

BIMA, karna.id — Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Universitas Muhammadiyah Malang memperkenalkan jajanan khas Bima, Nusa Tenggara Barat.

Para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 86 PMM UMM mengajak masyarakat Bima melestarikan jajanan tradisional asal daerah tersebut.

“Mungkin dengan adanya kegiatan mengenalkan salah satu jajanan tradisional daerah yaitu kalempe masyarakat bisa melestarikan dan memperkenalkan kepada sanak saudara luar daerah, kepada anak cucu generasi kita kedepannya sehingga jajanan kalempe ini tidak di makan oleh waktu sehingga terus bisa di lestarikan menjadi jajanan khas daerah kita”, ujar salah seorang anggota Kelompok 86, Uswatun Walfarizin di Desa Tawali, Wera Kabupaten Bima. Senin (3/8).

Tentang Kelempe Kala, Uswatun mengatakan jajanan ini cukup mudah proses pembuatannya hanya dengan mencampurkan gula merah (gula aren) dengan beras yang sudah dihaluskan. kemudian di tambah dengan air dan di masak dengan api sedang sambil membolak balikan adonan sesekali karena jajanan kalempe ini cukup memakan banyak minyak dalam proses pembuatannya.

Selain itu, Uswatun berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk bangkit kembali pasca adanya pandemi yang menerpa hampir semua sektor kehidupan masyarakat Indonesia.

“Terkhusus masyarakat Bima pasca Pandemi dapat kembali aktif berkegiatan yang tentunya memperhatikan aspek-aspek kesehatan seperti Cuci Tangan, Jaga Jarak dan Pakai Masker”, pungkasnya.