Beranda Kesehatan Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat Lawan Covid-19

Masyarakat Hidup Sehat Indonesia Kuat Lawan Covid-19

Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat Lawan Covid-19, PB HMI, HMI, Himpunan Mahasiswa Islam, Wasekjen PB HMI, Dirumahaja, Virus Corona Indonesia, Wuhan China, Covid-19, Corona di Indonesia
Wasekjen PB HMI 2018-2020, Rudri Musdianto Saputro

Karna.id — Bumi Pertiwi sedang mengalami duka yang mendalam terhadap masyarakat Indonesia yang banyak jatuh korban jadi pasien Covid-19 akibat terjangkit virus corona di Indonesia terus bertambah, Kondisi ini membuat seluruh masyarakat di Tanah Air wajib waspada. Setiap Individu memiliki tanggung jawab terhadap orang lain dengan tidak ikut menyebarkan Virus Corona.

Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk perlu kita tanggapi secara Serius atas ketegasan dari upaya Pemerintah Pusat sampai tingkat Pemerintah Daerah saat ini untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona. Himbauan ini menjaga Jarak fisik (Physical distancing), Sebagaimana Kerja dari rumah, belajar di rumah, hingga beribadah dalam rumah terus sampai alam tenang dari Virus Corona. Hal itu terkait sifat virus Corona yang menular antar manusia. Penularan bisa terjadi melalui percikan maupun Kontak tubuh langsung.

Itulah mengapa diharapkan Anak-anak, remaja, dewasa pada umumnya masyarakat menjaga jarak fisik dengan sesamanya untuk meminimalisasi risiko terkena percikan (droplet), atau menyentuh benda yang sebelumnya terkena droplet.

Masyarakat Indonesia bisa melakukan upaya pola hidup sehat dengan beberapa aktivitas dan pola makan untuk menjaga imun tubuh dan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Sering Mencuci tangan.
  2.  Kurangi penyentuhan Langsung Wajah, kecuali Tangah bersih.
  3. Hindari berjabat Tangan dan Berpelukan Lansung disaat beraktivitas.
  4. Barang Pribadi dipastikan Semua Bersih.
  5. Menutup Hidung dan Mulut ketika Bersin maupun Batuk.
  6. Jaga Jarak Sosial.
  7. Hindari Berkumpul dalam jumlah banyak.
  8. Membiasakan Pakai Hand Sanitizer.
  9. Makan Buah-buahan yang mempunyai Gizi tinggi.
  10. Menjaga Pola makan yang Bersih.

Upaya Ini menjadi saran terbaik untuk menjaga kestabilan Sosial ditengah kegentingan adanya musibah virus Corona yang menimpa Indonesia saat ini, kita butuh kesadaran masing-masing dalam mengurangi angka kematian efek dari corona virus dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sama-sama melawan Covid-19 dengan hidup sehat dan mengurangi mobilitas sosial dengan dirumah saja.

Oleh, Rudri Musdianto Saputro (Wasekjen Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat PB HMI 2018-2020)