Beranda Daerah Meneropong Bima 5 Tahun Kedepan

Meneropong Bima 5 Tahun Kedepan

Meneropong Bima 5Tahun Kedepan
Meneropong Bima 5Tahun Kedepan

Karna.id — Kabupaten Bima memiliki jumlah penduduk 488.577 jiwa dengan luas wilayah 3.405,63 km², agama yang dianut oleh masyarakat setempat sangatlah beregam dengan agama Islam adalah agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat yaitu 99,33%. Dengan luas wilayah yang demikian seharusnya selaras dengan Indeks Pembangunan Infrastruktur yang massif terutama pada jalan lintas kecematan yang cenderung tidak diperhatikan oleh pejabat daerah. Infrastruktur khusunya jalan raya yang merrupakan salah satu representasi dari keberhasilan pemerintah daerah dalam memajukan daerah yang dipimpin jarang sekali disentuh oleh pemerintah setempat, ini merupakan bagian dari kekecewaan masyarakat itu sendiri.

Selaras, Visi besar Bupati dan Wakil Bupati Bima pada periode kemarin yaitu Bima Ramah, sering terjadi diskusi dihelat di warung kopi dari aktivis Bima mengubah Visi besar dari Bupati dan Wakil Bupati Bima menjadi “Bima Marah”, bagian ini sebenarnya harus meenjadi evaluasi besar oleh pemerintah Kab Bima, mucul pertanyaan kenapa dan mengapa visi besar dari bupati dan wakil bupati Bima dari Bima Ramah menjadi Bima Marah? Dilihat dari kacamata aktivis Bima, banyak yang merasakan kekecawaan dengan kepemimpinan Indah Damayanti Putri (IDP) dan Dahlan M. Noer, perihal kekecawaan itu dituangkan dalam aksi demonstrasi yang massif dilakukan oleh para aktivis tersebut, kekecewaan itu lahir atas dari Visi besar tersebut yang termaktub didalamnya yaitu (Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal) tidak ada satupun representasi yang secara garis mendalam sudah dilakukan oleh pemimpin Kab Bima tersebut.

Senada, Kabupaten Bima adalah salah satu kabupatennya yang menyelenggarakan pilkada dengan euforia yang sangat besar, karena simpatisan dari paslon sangat bangga dengan paslon masing – masing ikut mengawal pengambilan nomor urut sampai pada saat pencoblosan pada tanggal 9 Desember kemarin, dengan hasil pilkada serentak yang diselenggarakan di 293 Kab/Kota tersebut bahwa paslon nomor urut 3 lah yang mendapatkan perolehan suara terbanyak yaitu lebih kurang 44,36% dari DPT 361.957 diperoleh suara sebanyak 149.677 suara dan memenangkan 14 kecematan dari 18 kecematan yang ada di Kabupaten Bima. Kembali lagi dari Quick Count “Hitung Cepat” bahwa Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima, Hj Indah Damanyanti Putri dan H Dahlan M. Noer (In-Dah) yang akan memimpin Bima 5 tahun mendatang, walaupun hasil keputusan KPU Kab Bima pada tanggal 20 Desember yang akan menentukan siapa yang akan menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bima.

Masyarakat Bima harus membuka mata secara jelas dan mengawal kepemimpin In-Dah bila pada tanggal 20 mendatang putusan KPU Kab Bima dikeluarkan dan memutuskan bahwa Paslon In-Dah yang memipim Bima, harus terus mengawal Visi yang sama yang dibawa oleh Bupati dan Wakil Bupati dari Bima Ramah tidak menjadi Bima Marah.

Oleh, M. Agus Prawoto (Mahasiswa Peternakan Perikanan UMM)