Beranda Covid-19 Menteri Sosial: Pemerintah Tidak Bisa Terus Berikan Bansos

Menteri Sosial: Pemerintah Tidak Bisa Terus Berikan Bansos

Menteri Sosial: Pemerintah Tidak Bisa Terus Berikan Bansos

JAKARTA, karna.id —   Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan tidak bisa terus menerus memberikan bantuan sosial ke masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sebab, uang pemerintah ada batasnya. Hal ini disampaikan saat menyaksikan penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Kota Tuban, Jawa Timur, Pada Senin (26/7).

Kabupaten Tuban menerima bantuan beras 5 kg dengan alokasi sebanyak 3000 paket. Bantuan diberikan kepada masyarakat kelompok marjinal yang terdampak pandemi. Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai (BST) yang mendapat bantuan dari Kantor Pos Tuban sebanyak 120 di Desa Batu Retno dan 177 di Desa Sendang Harjo dengan indeks Rp 600 ribu/KPM.

“Bantuan yang bapak ibu terima untuk meringankan beban karena pembatasan aktivitas. Tapi tidak bisa terus-menerus. Karena pemerintah memiliki keterbatasan,” ujarnya.

Menurut Risma saat ini pemerintah masih bisa memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terutama selama kebijakan PPKM. Namun, ke depannya tidak bisa terus berlanjut. Oleh karenanya, ia meminta masyarakat untuk ikut bisa membantu pemerintah menurunkan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia. Tentunya dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

“Kalau kita tidak mematuhi protokol kesehatan, maka virus ini akan terus bermutasi. Kita tidak selesai-selesai. Kita tidak bisa menggerakkan ekonomi, bantuan sosial terutama beras yang diberikan pemerintah memang tidak akan cukup untuk makan per bulan. Sebab, beras yang diberikan hanya 5kg per keluarga per bulan”. Kata Mensos.

Tujuan pemberian bantuan ini  untuk meringankan sebagian beban masyarakat. Itulah kemampuan negara yang mampu diberikan. Oleh karenanya, Ia memastikan bantuan tidak hanya datang dari pemerintah pusat tapi juga dari pemerintah daerah, meskipun itu bukan persoalan mudah karena keterbatasan anggaran. Maka dalam kesempatan tersebut, Risma memohon dengan sangat agar masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan dengan baik.