Beranda Agama Nama Asli Sunan Gresik yang Berjasa Menyebarkan Islam di Jawa

Nama Asli Sunan Gresik yang Berjasa Menyebarkan Islam di Jawa

Sunan Gresik
Makam Sunan Gresik (Syekh Maulana Malik Ibrahim) di Gresik

Sunan Gresik merupakan salah satu wali songo yang berdakwah menyebarkan Islam di Jawa. Nama asli Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim atau biasa dipanggil Syekh Maulana Malik Ibrahim. Ia juga dikenal dengan nama Maulana Maghribi.

Dari wali songo yang berdakwah menyebarkan Islam di Pulau Jawa Syekh Maulana Malik Ibrahim merupakan wali yang paling tua dan paling senior. Sunan Gresik menyebarkan Islam di sekitar wilayah Kabupaten Gresik sekarang ini.

Asal Usul Sunan Gresik

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat Sunan Gresik berasal dari Persia. Ada yang mengatakan ia berasal dari Samarkand, Uzbekistan. Ia adalah anak dari Syekh Jumadil Qubro/ Syekh Jumadil Kubro. Ia mempunyai seorang saudara yang bernama Syekh Maulana Ishaq.

Ia sempat bermukim di Negeri Champa selama beberapa tahun. Di sana ia berdakwah dan menyebarkan Islam. Ia pun menikah dengan salah satu putri di sana dan memiliki anak.

Para ahli berbeda pendapat tentang Champa. Ada yang mengatakan Champa berada di negara Vietnam hari ini. Sedang yang lain berpendapat bahwa Champa adalah sebuah daerah di Aceh.

Ia kemudian ke Pulau Jawa sekitar tahun 1404 M dan menetap serta menyebarkan Islam di daerah Gresik. Ia diberi sebidang tanah oleh Raja Majapahit kala itu. Daerah tersebut sekarang adalah Desa Gapurosukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Cara Berdakwah Sunan Gresik

Sebagai orang yang datang dari daerah yang lebih maju dan telah mendatangi banyak tempat Syekh Maulana Malik Ibrahim memiliki banyak ilmu dan pengetahuan, salah satunya adalah tentang bercocok tanam.

Ilmu dan pengetahuannya tentang bercocok tanam ini kemudian ia ajarkan kepada masyarakan sekitarnya. Dan itu menjadi media dakwah yang sangat efektif. Ia memberikan solusi atas problem yang dihadapi masyarakatnya.

Baca juga: Arti Istiqomah dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Para juru dakwah hari ini tentu patut menjadikan hal tersebut sebagai contoh. Tidak harus sama persis, tapi intinya adalah dengan menggunakan cara yang halus dengan memberikan solusi atas masalah masyarakat.

Makam Sunan Gresik

Ia meninggal di Tahun 1419. Makamnya terletak di Desa Gapurosukolilo, Gresik. Masyarakat umum tidak asing dengan Syekh Maulana Malik Ibrahim sebagai nama asli Sunan Gresik.

Bagi yang ingin berziarah ke makam tersebut akan dengan mudah menjangkaunya. Karena makan tersebut terletak di Gresik Kota. Bagi yang menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih dan melewati tol maka bisa memilih untuk keluar melalui Pintu Tol Romokalisari. Dari situ And akan memasuki Kota Gresik dan tinggal mengambil jalan lurus saja.

Banyak peziarah yang mengunjungi makam terserbut, entah karena ingin mengetahui sejarah atau ingin mendapatkan berkah. Itu tentu menjadi pilihan masing-masing orang.