Beranda Opini Pancasila dan Generasi Milenial

Pancasila dan Generasi Milenial

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UMM
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UMM

Pancasila sebagai dasar dari UUD 1945 yang mana dapat menjadi jalan atau jembatan bagi   kaum millennial yang dapat merubah pengaruh dunia luar dan agar bisa mengantisipasi pengaruh negative dan positive dari perkembangan jaman yang sangat mencengangkan ini dalam memperjuangkan nilai nilai kebangsaan dan kemajuan maupun keunggulan, generasi millennial wajib mempertahankan nilai nilai kebangsaan.

     Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945 negara yang paling terkenal dengan gugusan pulau pulai yang indah ini bersandar pada ideologi utamanya yang bisa di sebut “Pancasila”. Pancasila merupakan pandangan nilai nilai yang sangat mendalam dari budaya luhur dan banyak nilai nilai religius yang di miliki bangsa Indonesia sejak lama.

     Generasi yang mampu menjujung tinggi ideologi kebangsaan yang harus di pertahankan pada zaman sekarang yang kemajuannya sangat pesat, generasi millenial yang juga bisa di katakan sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang dapat melakukan hal-hal hebat kepada negara yang mana menjujung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasarnya , yang berlandaskan ideoglogi Pancasila agar tidak terlena dengan segala akses kemudahan di zaman sekarang.

      Pemuda yang mempuerjuangkan moral, kemajuan, akhlak, suatu bangsa yang wajib di pertahankan bagi bangsa Indonesia ini, Indonesia yang terus maju karena pemuda-pemuda generasi penerus bangsa, generasi yang mampu menciptakan sebuah aset penting bagi negara, menciptakan sesuatu hal yang kelak bisa digunakan bagi seluruh bangsa ini.

     Pemuda yang mampu berjuang saat masa-masa seperti ini, yang berfikir mencari solusi untuk bangsa ini, patut di jadikan contoh untuk generasi yang akan datang, kita menanamkan nilai-nilai Pancasila, agar generasi penerus kita dapat mengamalkan dengan baik apa yang menjadi tujuan dalam subtansi Pancasila tersebut, dengan begitu bangsa Indonesia ini dapat maju selangkah dua Langkah lebih jauh dari generasi-generasi sebelum-nya, mempunya jiwa-jiwa Pancasila, yang akan terus memperjuangkan bangsa Indonesia.

      Pemuda-pemudi Indonesia wajib melakukan tugas dan tanggung jawabnya di kapasitasnya masing-masing. Pemuda-pemudi yang berada pada tataran mahasiswa harus mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa seharusnya. Terlebih mahasiswa aktivis, mahasiswa aktivits dituntut untuk selalu bergerak demi kepentingan umat dan kepentingan bangsa, generasi-generasi millenial yang mengamalkan isi Pancasila ini lah yang mampu memperjuangkan cita-cita bangsa yang harus terus maju dan harus tetap menjadi bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia.

   Pancasila juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme agar generasi muda dapat melanjutkan perjuangan-perjuangan yang diteruskan oleh pahlawan-pahlawan kita yang rela mengorbankan nyawanya untuk bangsa Indonesia, karena pemuda kita adalah pahlawan selanjutnya bagi bangsa ini.

       Sebagai penerus bangsa kita harus bisa dan harus bersikap tegas dalam memfilter budaya-budaya asing yang telah datang ke Indonesia, itu adalah salah satu hal yang harus di perhatikan oleh pemuda bangsa ini, karena dengan melestarikan budaya Indonesia kita dapat andil dalam memperjuangkan dan mempertahankan serta membudayakan bangsa ini, bangsa yang kaya akan budaya dan kaya akan ribuan adat istiadatnya, maka dari itu sebagai generasi penerus bangsa suatu hal yang wajib kita lakukan untuk memajukan bangs aini agar semakin maju dari tahun tahun sebelumnya. Jiwa Nasionalisme  kita harus sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar hidup dan pandangan hidup kita sebagai pemuda, sehingga nasionalisme kita bukan hanya nasionalisme yang sempit akan tetapi nasionalisme yang meluas, cinta terhadap bangsa sendiri dan juga menghargai bangsa lain.

Penulis – Muhammad Fendy Maulana Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang