Beranda Daerah Pandemi: Mahasiswa Umm Kenalkan 5 Destinasi Wisata Baru di Pasuruan

Pandemi: Mahasiswa Umm Kenalkan 5 Destinasi Wisata Baru di Pasuruan

PASURUAN, karna.id — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang perkenalkan  destinasi wisata baru  melalui program yang bertajuk “Jurnal Abdi: 30 Mengabdi”.

Dalam program yang diketuai Eka Wijayanti (21) kelompok Pengabdian Masyarakat  oleh Mahasiswa (PMM) memperkenalkan lima destinasi wisata baru di Desa Candi Wates, Prigen, Pasuruan diantaranya Candi Jawi, Pasar Jajanan, ATV, kolam Ikan Koi, dan Ubud.

Menurut Eka, Desa memiliki banyak potensi yang dapat dimaksimalkan untuk mendorong pembangunan ekonomi, salah satunya melalui wisata.

Eka menambahkan pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang menjadi bosan bahkan kehilangan pekerjaan. Namun, lanjutnya kita tidak boleh diam dan meratapi kondisi begitu saja.

“Potensi Dusun Jawi, Desa Candi Wates sangat luar biasa untuk dikembangkan dalam mendorong pembangunan ekonomi dan lapangan kerja masyarakat kedepannya”, ujarnya kepada karna.id, Jumat (28/8).

Menanggapi hal itu, Ketua Karang Taruna Desa Candi Wates, Soim menuturkan pihaknya sangat berterima kasih atas program tersebut. “Dengan adanya program yang dicanangkan oleh mahasiswa PMM ini, saya sangat senang sekali. Saya berharap tempat-tempat wisata di Dusun Jawi tidak hanya terekspos dalam wilayah Jawa saja, kalau bisa manca negara”, tutur Soim kepada karna.id.

Soim mengatakan Wisata ini sengaja dibuka untuk meminimalisir dampak Pandemi Covid-19 bagi masyarakat.

“Wisata ini sengaja dibangun dan dibuka untuk umum sebagai upaya untuk meminimalisasi pemuda yang notabene ‘meganggur’ karena COVID-19, dengan memberikan kesempatan serta peluang bagi pemuda untuk bekerja”, jelasnya.

Terakhir, Soim menyampaikan beberapa tempat wisata yang telah beroperasi di Desa Candi Wates ini merupakan wujud optimis kami untuk membangun Desa Candi Wates sebagai Desa Wisata.