Beranda Internasional Penyebab Ledakan Besar di Beirut, Lebanon

Penyebab Ledakan Besar di Beirut, Lebanon

Ledakan di Pelabuhan Beirut, Lebanon, (4/8). Doc, REUTERS.

Jakarta, karna.id – Berdasarkan data perkiraan awal yang diumumkan Menteri Kesehatan Lebanon, Hamad Hassan, menewaskan setidaknya 27 orang dan 2.500 lainnya luka-luka, akibat ledakan besar yang terjadi di pelabuhan Beirut, Lebanon.

Dilansir dari kantor berita AFP, saat wawancara dengan sejumlah televisi saat mengunjungi sebuah rumah sakit di Beirut, Hamad Hasan menyampaikan “Ini adalah bencana dalam setiap arti kata” ucap Hamad, Rabu (5/8).

Sementara itu, dugaan awal ledakan besar di Beirut itu disebabkan oleh bahan peledak yang disita bertahun-tahun lalu yang disimpan di pelabuhan kota, kata Kepala Keamanan Umum Abbas Ibrahim.

“Tampaknya ada gudang yang berisi material yang disita bertahun-tahun lalu dan tampaknya itu adalah material yang mudah meledak,” katanya sembari menambahkan akan melakukan penyelidikan mendalam atas peristiwa itu.

Perdana Menteri Hassan Diab kemudian mengatakan bahwa ada tumpukan besar 2.750 ton amonium nitrat di sebuah gudang di pelabuhan, telah menyebabkan ledakan kedua yang lebih besar.

“Tidak dapat diterima bahwa pengiriman 2.750 ton amonium nitrat yang telah berada selama enam tahun di sebuah gudang, tanpa ada tindakan pencegahan,” kata Diab pada pertemuan dewan pertahanan, yang dikutip oleh juru bicaranya kepada para wartawan.

“Kami tidak bisa diam mengenai masalah ini … Saya tidak akan beristirahat sampai saya tahu siapa yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan memberi mereka hukuman terberat,” tutup Diab.