Beranda Pendidikan PMM 78 UMM Budidaya Sayuran dengan Teknik Hidroponik

PMM 78 UMM Budidaya Sayuran dengan Teknik Hidroponik

MALANG, karna.id — Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 78 melakukan aktivitas budidaya sayur-sayuran dengan metode hidroponik di Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Malang pada Senin, (12/4).

Metode Hidroponik dipilih karena semakin berkurangnya lahan untuk pertanian,oleh karena itu harus memanfaatkan kondisi yang ada dengan memanfaatkan botol bekas untuk menanam sayur-sayuran seperti cabai, selada, kangkung, dan lainnya.

Koordinator PMM 78 Dita Aulia menyampaikan bahwa Budidaya tanaman menggunakan teknik hidroponik sangatlah menarik dan semakin penting, karena penanamannya tidak membutuhkan media tanah dan lahan yang luas dan juga tanaman seperti sayur-sayuran berupa kangkung, cabai, selada dll adalah suatu kebutuhan pangan untuk masyarakat.

“Untuk kegiatan ini akan berlangsung lama dan akan terus dilakukan oleh mahasiswa PMM UMM 2021 kelompok 78 bersama dengan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Salah satu anggota PMM UMM kelompok 78 menyampaikan bahwa kegiatan penanaman dengan teknik hidroponik adalah sebagai langkah awal untuk ketahanan pangan yang semoga bermanfaat untuk masyarakat di kelurahan tlogomas,” Ungkap Nuzul Aulia Mahasiswi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini.

Adanya kegiatan budidaya penanaman ini dilihat dari kondisi lahan di kelurahan tlogomas. Harga sayur-sayuran seperti cabai, kangkung dan selada yang semakin lama semakin meningkat.

“Keluh kesah masyarakat kelurahan tlogomas menjadi persoalan yang perlu diatasi bersama,” Ujar salah satu mahasiswi PMM UMM kelompok 78.

Ketika nanti hasil dari budidaya sayur-sayuran ini berhasil meringankan kebutuhan masyarakat tlogomas, PMM kelompok 78 akan merasa bahwa pengabdian kami telah berhasil memecahkan salah satu problem yang dirasakan oleh masyarakat dikelurahan tlogomas.

“Semoga kegiatan budidaya ini akan terus berkelanjutan. Karena tidak sedikit manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan budidaya ini, salah satunya adalah membantu meringankan kondisi pangan masyarakat,” ungkapnya.