Beranda Ekonomi Potensi Zakat di Indonesia Besar, Kemenko PMK Minta Perbanyak Lembaga Zakat

Potensi Zakat di Indonesia Besar, Kemenko PMK Minta Perbanyak Lembaga Zakat

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono
Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono

JAKARTA, karna.id – Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sebanyak 229.711.974 jiwa. Dengan banyaknya jumlah ini potensi zakat di Indonesia juga sangat besar. Berdasarkan perhitungan kkomponen indikator pemetaan potensi zakat, potensi zakat sebesar Rp. 233,8 triliun atau setara dengan 1,72 persen dari PBD tahun 2017.

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono menyatakan potensi zakat di Indonesia sangat mungkin ditingkatkan, dengan jumlah badan amil zakat sebanyak 549 dan 587 lembaga zakat potensi zakat dapat ditingkatkan dengan memperbanyak lembaga zakat.

“Pengumpulan zakat secara efektif mampu memberi andil dalam mengentas kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai program Kemenko PMK”. Kata Agus pada Kamis (20/2).

Selain itu, Agus juga menambahkan untuk pengembangan badan amil zakat maka diperlukan juga peningkatan pemahaman masyarakat bahwa zakat merupakan kewajiban dan harapannya badan amil zakat dapat mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat. Perlu disadari bahwa harta yang kita miliki disana ada hak fakir miskin maka dari itu zakat merupakan suatu kewajiban.