Beranda Pendidikan Prodi Ilmu Pemerintahan Umm Genjot Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa

Prodi Ilmu Pemerintahan Umm Genjot Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa

Prodi Ilmu Pemerintahan Umm Genjot Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Malang, UMM, Mahasiswa Malang, Mahasiswa UMM, FISIP UMM, Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Umm, Muhammad Kamil

MALANG, karna.id – Lima orang mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (Umm) mengikuti International Conferences Social Work: A Catalyst for Change and Social Cohesion in Diverse Society yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 29 Februari-1 Maret 2020. Kelima mahasiswa itu diantaranya Muhammad Sofyan Putra, Ni’matul Aulia, Ike Dwi Ambarwati, Radhya Melkah Maarif, dan Ilham Bin Yasin.

Menanggapi hal itu Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Umm Muhammad Kamil menyampaikan kegiatan ini akan memberi banyak manfaat bagi mahasiswa dan Prodi secara kelembagaan. Pasalnya, Menurut Kaprodi kegiatan itu selain untuk menambah pengalaman presentasi (mental) mahasiswa juga paper yang dihasilkan akan di publikasikan di internasional maupun proceeding terindeks scopus.

“Program Studi Ilmu Pemerintahan sangat mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan seperti ini. Mahasiswa akan mendapatkan peningkatan wawasan dan dapat membangun jejaring internasional dengan luar negeri yang tentu saja memberikan kredit bagi akreditasi Prodi”, ujar Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Umm Muhammad Kamil dalam keterangan tertulis kepada karna.id, Minggu (1/3).

Muhammad Kamil orientasi pembelajaran harus berpusat pada pengembangan akademik mahasiswa. Oleh karena itu, lanjutnya iklim perkuliahan dan sistem akademik dikembangkan agar menghasilkan publikasi mahasiswa baik di media masa, jurnal, prosiding dan lain-lain serta terus  mendorong untuk menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah yang berkualitas dengan pendampingan intensif dari dosen-dosen Prodi.

Ketua Prodi IP menambahkan kedepan menggairahkan minat mahasiswa dalam menghasilkan publikasi ilmiah, Prodi Ilmu Pemerintahan akan mengeluarkan kebijakan ekuivalensi Jurnal dan Prosiding terakreditasi/bereputasi  serta Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang tembus Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) sebagai pengganti skripsi.

“Artinya mahasiswa yang telah menghasilkan hal tersebut bebas skrispi. Tujuanya agar mahasiswa lebih termotivasi dan terus berkarya”, pungkasnya.