Beranda Budaya Remaja Kampung Sidorame Tetap Merayakan Bulan Kemerdekaan Walau di Tengah Pandemi

Remaja Kampung Sidorame Tetap Merayakan Bulan Kemerdekaan Walau di Tengah Pandemi

Mas Ipung

Malang, Karna.id — Minggu, (29/8), sejumlah warga kampung sidorame terlihat mengarahkan pandangan mereka ke suatu tempat yang berada tepat di sebelah rumah milik Pak Pi’i. Merasa penasaran terhadap hal tersebut, saya mendatangi tempat tersebut.

Namun ternyata, sebelum diperbolehkan untuk memasuki tempat warga kampung sidorame berkumpul, saya diminta untuk cek suhu, dan menggunakan handsanitizer. Kemudian setelah semuanya saya lakukan, pandangan warga kampung itu ternyata tertuju pada kegiatan perlombaan yang diadakan oleh remaja kampung sidorame dalam rangka merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

Meskipun hari kemerdekaan RI 17 Agustus sudah terlewat beberapa hari, remaja kampung sidorame mengadakan perayaan itu karena alasan menjaga warisan orang-orang terdahulu yang pernah berjuang memerdekakan kampung itu.

Di samping itu juga, remaja kampung sidorame tidak mau mengadakan tepat di 17 Agustus, guna menghindari kerumunan yang berlebihan. Oleh karena itu, remaja sidorame mengadakan perayaan ini pada, Minggu, (29/8).

Lomba panjat pinang dengan menggunakan kolam dan pohon dari bambu buatan remaja sendiri, menjadi salah satu bentuk perlombaan yang diadakan, seperti hasil dokumentasi berikut ini:

Mas Ipung, anggota remaja kampung sidorame, mengatakan kepada wartawan Karna.id “Lomba ini dimulai dari pagi hingga sore hari, dan diikuti oleh atau mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Ketika peserta lomba berhasil mencapai puncaknya, maka dia akan mendapat hadiah berupa uang pecahan yang bermacam-macam, 5rb, 10rb, 20rb, hingga 100rb”

“Remaja di kampung sidorame memang rutin mengadakan perayaan 17-an tiap tahun. Tapi saat ada virus corona ini, remaja kampung di sini tetap mengadakan perayaan 17-an, tapi tidak mengundang semua warga. Jadi peserta terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan” lanjut Mas Ipung kepada wartawan Karna.id.

Selain itu Mas Ipung juga menyampaikan pesan kepada seluruh warga Indonesia agar tetap menjaga kesehatan supaya terhindar dari virus corona dan semoga wabah ini segera pergi dari tanah air yang kita cintai.