Beranda Artikel Sejarah Hari Kanker Sedunia

Sejarah Hari Kanker Sedunia

World Cancer Day
World Cancer Day

karna.id — Hari Kanker Sedunia, peringatan tahunan diadakan pada 4 Februari yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran global akan kanker. Hari Kanker Sedunia berasal pada tahun 2000 di KTT Dunia Pertama melawan Kanker yang diadakan di Paris.

Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Against Cancer, sebuah dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen global koperasi.

Artikel tersebut berisi hal terkait untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker, untuk investasi berkelanjutan dalam dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker.

Kesadaran kanker telah menjadi sangat penting di abad ke-21. Sementara ada banyak kemajuan dalam pemahaman, diagnosis, dan pengobatan kanker, faktor-faktor pada penurunan penyakit, jumlah kasus kanker baru yang didiagnosis setiap tahun secara global terus meningkat.

Ada 8,1 juta kasus baru yang didiagnosis pada 1990, 10 juta pada 2000, 12,4 juta pada 2008, dan 14,1 juta pada 2012. Jumlah kematian tahunan di seluruh dunia akibat kanker juga meningkat — dari 5,2 juta orang pada 1990 menjadi 8,2 juta orang pada 2012 Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika insiden kanker terus tumbuh pada tingkat yang dilaporkan, jumlah kematian di seluruh dunia akibat kanker akan meningkat menjadi lebih dari 13,1 juta pada tahun 2030.

Namun, menurut WHO, sebanyak 40 persen kematian akibat kanker dapat dicegah. Sebagai hasilnya, meningkatkan kesadaran akan pencegahan kanker telah menjadi tujuan utama banyak organisasi kanker dan kesehatan di seluruh dunia, dan Hari Kanker Dunia telah datang untuk mewakili penegasan kembali tahunan akan pentingnya tujuan ini