Beranda Ekonomi Soal Virus Corona Presiden Jokowi Minta Menteri Cari Pasar Selain China

Soal Virus Corona Presiden Jokowi Minta Menteri Cari Pasar Selain China

Presiden Jokowi mengundang para menteri untuk rapat terbatas (ratas) di Istana Presiden Bogor Selasa (4/2)
Presiden Jokowi mengundang para menteri untuk rapat terbatas (ratas) di Istana Presiden Bogor Selasa (4/2)

BOGOR, karna.id – Sore ini Presiden Jokowi mengundang para menteri untuk rapat terbatas (ratas) di Istana Presiden Bogor untuk bahas penundaan penerbangan Indonesia – China dan dampaknya pada sektor ekonomi. Presiden minta para Menteri mengkalkulasi dengan tepat dampak kebijakan tersebut untuk ekonomi Indonesia.

“Untuk sektor perdagangan kita tahu RRT merupakan tujuan ekspor pertama dengan pangsa pasar 16.6% dari total keseluruhan ekspor Indonesia sangat besar. Tetapi Negara asal impor terbesar juga Indonesia”. Kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas pada Selasa (4/2).

Selain itu Presiden Jokowi juga mengatakan kalkulasi tersebut penting dilakukan sebab virus corona akan menimbulkan perlambatan ekonomi di China yang akhirnya menghantam produk ekspor Indonesia, Jokowi juga menyebutkan musibah ini sebenarnya memiliki momentum bagi industry subtitusi impor dalam negeri untuk meningkatkan produksi berbagai produk yang sebelumnya di impor dari China.

“Saya minta disiapkan langkah-langkah kontingensi terutama untuk Bali dan Sulawesi Utara, dua daerah yang banyak dikunjungi wisatawan dari RRT, dalam jangka pendek sata minta dimanfaatkan peluang untuk menyasar caruk pasar wisatawan mancanegara yang sedang cari alternative untuk destinasi wisata karena batal berkunjung ke RRT”. Pungkas Presiden.