Beranda Artikel Strategi Audit Pemasaran Untuk UMKM Di Era Wabah Covid-19

Strategi Audit Pemasaran Untuk UMKM Di Era Wabah Covid-19

Strategi Audit Pemasaran Kepada Umkm Di Era Wabah
Strategi Audit Pemasaran Kepada Umkm Di Era Wabah Oleh Alif Rahman (Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang)

MALANG, karna.id — Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) banyak yang sedang diujung tanduk kebangkrutan maka dari itu pemilik usaha UMKM harus memikirkan strategi baru agar usahanya dapat bertahan di era pandemic.

Banyak dari UMKM yang tidak dapat melanjutkan kegiatan usaha mereka dikarnakan kurang terwadahi nya konsumen dimana pemilik usaha masih mengharuskan konsumen untuk datang ke tempat UMKM berada, sedangkan untuk saat ini masyarakat dibatasin untuk berpergian serta berkerumunan dikarenakan belum ada nya penawar dari wabah yang terjadi saat ini.

Kebanyakan dari pemilik usaha menyerah tanpa mencoba menerapkan strategi pemasaran di tengah wabah ini karna banyak dari mereka yang kehilangan pelanggan serta minat konsumen pun menurut terhadap produk mereka, namun ada beberapa umkm yang dapat bertahan karna pemilik usaha dapat serta mampu untuk beradaptasi di era wabah ini.

Hal – hal yang perlu dianalisi sebelum menentukan strategi apa yang akan digunakan sebagai beriku :

  1. Apa yang medasari kansumen tidak tertarik dengan produk kita
  2. Kapan terakhir kali pemilik usaha memberikan perbedaan terhadapt produknya
  3. Mengapa konsumen tidak berminat dengan produk kita

Analisis diatas dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha dengan memfokuskan kepada konsumen.

Strategi – strategi yang dapat digunakan ditengah wabah saat ini ialah meningkatkan pemasaran UMKM

Antara Lain :

  1. Endorsemen, meminta bantua seorang selebgram dalam pemasaran untuk saat ini sangat effective
  2. Selalu ikut serta melibatkan UMKM dalam mensupport kesejahteraan massyarakat
  3. Meningkatkan jejaring yang luas
  4. Memahami segmen pasar UMKM

Strategi – strategi diataspun tergantung dari kebutuhan UMKM dan pemilik usaha harus mampu cepat dalam menindak lanjuti strategi apa yang akan digunakan. Kemajuan serta kemunduran usaha tergantung pada pemilik usaha apakah mampu dalam mengelola serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Manajemen strategis didefinisikan sebagai sekumpulan dan atindakan yang menghasilkan formulasi dan impelmentasi berbagai rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan.

Manejemen memiliki tanggung jawab untuk merencanakan,mengarahkan,mengorganisasikan serta mengendalikan keputusan dan tindakan perusahaan yang berkaitan dengan strategi yang dipilih. Visi dan Misi UMKM pun menjadi landasan akan seperti apa dan mau seperti apa usaha ini di tengah wabah.

Oleh: Alif Rahman (Mahasiswa Jurusan Akuntasi Universitas Muhammadiyah Malang).