Beranda Daerah Tingkatkan SDM, Forhati Jawa Timur Gelar Pelatihan UMKM se Madura Raya

Tingkatkan SDM, Forhati Jawa Timur Gelar Pelatihan UMKM se Madura Raya

Pelatihan Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing UMKM se Madura Raya

Malang, karna.id — Minggu (15/10/23) Bertempat di Diskominfo Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Forhati Majelis Wilayah Jawa Timur berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Widyagama Malang (Ikawiga) dan Forhati Majelis Daerah Sumenep, menggelar kegiatan Pelatihan Digital Marketing dan Produksi Hantaran Lamaran bagi UMKM Se-Madura Raya dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta memberikan edukasi kepada para perempuan bahwa perempuan juga bisa survive dengan keterampilan yang dimiliki.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator Majelis Wilayah Forum Alumni HMI Wati (Forhati) Jawa Timur yang juga merupakan Bendahara Umum Ikawiga Dr. Ana Sopanah S, SE., M.Si., Ak., CA., CMA. sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut juga dipandu oleh narasumber lain yang memiliki pengalaman andal produksi hantaran lamaran bagi UMKM, yakni Tri Amelia Sandra. Kegiatan ini di buka oleh Murti Jasmani yang merupakan Ketua Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan MW Forhati Jatim.

Presidium MW Forhati Jawa Timur memberikan sambutan pada Pelatihan

Ana, Panggilan akrabnya, dalam paparannya menjelaskan “Saat ini kita telah berhadapan dengan tantangan dan juga peluang di era pasar digital, mau tidak mau sebagai pelaku UMKM di era 5.0 kita dituntut untuk terus beradaptasi dengan peralihan model transaksi serba digital.

Baca juga: Dekan FEB UWG, Ana Sopanah Kembali Raih Radar Malang Award 2023

“Semakin pelaku UMKM atau pengusaha jauh dari digitalisasi, pengusaha tersebut akan semakin tenggelam. Banyak orang cerdas tapi tidak siap dengan tantangan perkembangan zaman. Digital adalah batu loncatan yang susah menjadi mudah, yang mudah menjadi cepat, yang cepat menjadi tepat sehingga bukan hanya mudah, cepat dan tepat tetapi juga harus tepat sasaran, tepat kebutuhan dan tepat apa yang kita inginkan. Spirit digital dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi juga dilakukan oleh pelaku UMKM. Karena itu, pelaku UMKM dituntut untuk adaptif terhadap perkembangan era melalui inovasi dan kreasi digital,” terang Ana Sopanah yang juga Dekan FEB Universitas Widyagama Malang.

“Pelaku UMKM diharapkan mampu bertahan dengan terus adaptif dan inovatif serta dapat memanfaatkan peluang dengan adanya platform online sebagai basis digital marketing untuk produk-produknya. Peningkatan produktifitas dan kapasitas UMKM sejalan dengan program prioritas pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, saya berharap kolaborasi Ikawiga dengan Forhati Jawa Timur dan Forhati MD Sumenep dan yang telah disupport oleh PTPN XII dapat turut membantu UMKM Indonesia dalam memanfaatkan akses digital” jelas Ana Sopanah.

Narasumber menyampaikan materi digital marketing jasa hantaran lamaran

Sementara Tri Amelia Sandra menjelaskan mengenai besarnya peluang usaha di bidang jasa pembuatan hantaran lamaran yang sangat prospectus. Selain dapat menambah penghasilan ibu-ibu, bidang usaha tersebut dapat menjadi ladang ibadah karena dinilai membantu mempermudah pasangan yang akan menikah.

“Bidang usaha ini bisa membantu sesama yang membutuhkan jasa hantaran lamaran, khususnya pasangan yang akan menikah. Perlu diingat bahwa bidang usaha ini memerlukan kreativitas dan inovasi yang terus-menerus untuk perkembangan usaha sehingga pelanggan tertarik dan punya banyak pilihan dari jasa yang kita jual,” jelas Tri Amelia

Sementara Masudah yang sapaan akrabnya dipanggil bunda Uda memberikan apresiasi dan penghargaan luar biasa karena dipercaya menjadi tuan rumah dengan kolaborasi program MD Forhati dan MW Forhati Jawa Timur. Bunda Uda sangat berharap semoga kegiatan ini berkelanjutan dan selalu memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.